Contoh Pembukuan Harian Usaha Penjualan Pulsa & Kuota

Kalau Anda termasuk pebisnis pulsa di masa awal usaha, ada baiknya Anda mempelajari contoh pembukuan usaha penjualan pulsa untuk pemula di bawah ini. Salah satu kunci usaha yang sukses adalah pembukuan yang teliti dan transparan. Pembukuan ini akan berperan penting dalam mengelola uang bisnis. Berikut ini contoh yang bisa diikuti pebisnis pulsa.

Contoh Pembukuan Usaha Penjualan Pulsa untuk Pemula

Pembukuan Sehari-Hari

Berjualan pulsa dan kuota murah biasanya diwarnai dengan transaksi sehari-hari antara pebisnis dan pembeli. Untuk mencatat transaksi ini, pebisnis pulsa bisa menggunakan model pembukuan yang sederhana saja. Contohnya, buat catatan per hari dengan beberapa kolom penting seperti:

1. Nomor dan Keterangan Transaksi

Kolom ini akan berisi nomor transaksi untuk menghitung rata-rata jumlah transaksi yang terjadi dalam sehari dan detil mengenai transaksimeliputi jenis operator pulsa dan nomor pelanggan yang membeli pulsa. Pencatatan nomor tujuan ini mencegah kekeliruan pengiriman pulsa dan mengurangi risiko pembeli mengaku tidak menerima pulsa atau penjual mengirim pada nomor yang salah. Pastikan pembeli menulis sendiri nomor tujuan, dan baca ulang untuk konfirmasi.

2. Pulsa

Kolom pulsa ini akan dibagi menjadi dua, yaitu Pulsa Masuk dan Pulsa Keluar. Pulsa Masuk akan diisi saat deposit konter ditambah. Pada saat menambah, pastikan untuk mencatat nominal yang ditambahkan, bukan total deposit terakhir setelah dtambahkan. Pulsa keluar akan diisi saat ada pembelian atau terjadi transaksi dengan pembeli.

3. Sisa Deposit

Kolom ini diisi saat deposit konter ditambahkan dengan menghitung jumlah total setelah nominal sisa dan nominal tambahan digabungkan. Kolom ini juga diisi sebelum konter tutup setelah dikurangi semua transaksi yang terjadi hari itu.

Pos Pembukuan Vital

Selain pembukuan sehari-hari, buat juga pembukuan pos keuangan. Catat keuangan bisnis pulsa dalam tiga pos utama:

1. Pos Penjualan

Seluruh hasil transaksi atau pendapatan harus dicatat pada pos ini sebagai uang yang masuk ke kas. Seluruh uang yang tercatat di pos ini akan tercatat sebagai uang masuk di Pos Kasir.

Tips mengelola dan mengatur pembukuan yang benar

2. Pos Kasir

Pos Kasir akan menerima uang dari Pos Penjualan sebagai uang masuk. Kemudian, sebagian uang ini akan dikirimkan ke Pos Belanja untuk deposit dan biaya operasional. Sisa uang pada Pos Kasir setelahnya disebut dengan laba atau keuntungan.

3. Pos Belanja

Pos ini akan menerima uang masuk dari Pos Kasir yang akan digunakan untuk keberlanjutan bisnis pulsa. Pebisnis pulsa mengambil uang dari pos ini untuk membeli produk, deposit, dan membayar pegawai jika ada.

Silakan coba membuat dan mengikutinya. contoh pembukuan usaha penjualan pulsa untuk pemula cukpu sederhana tetapi efektif untuk mengontrol laju bisnis pulsa dan mengecek untung ruginya bisnis tersebut.

Leave a Reply