Cara Cek dan Melihat Nomor Sertifikat Tanah

Cara Cek dan Melihat Nomor Sertifikat Tanah – Sertifikat tanah dibikin bukan tanpa alasan. Dengan memiliki sertifikat tanah Kamu bisa menghindari konflik fisik perebutan tanah, memberikan kepastian hukum terkait kepemilikan dan penguasaan hak atas tanah. Serifikat tanah juga bisa tuh Kamu jadikan jaminan di bank pada saat Kamu melaukan peminjaman sejumlah uang.Tapi pasti nih ada yang masih bingung gimana cara cek dan melihat nomor sertifikat tanah walaupun mungkin Kamu punya lebih dari satu sertifikat tanah. Hal ini karena dalam sertifikat tanah banyak sekali tertera tulisan dan angka-angka. Kamu juga pasti pengen tahu dong apakah sertifikat tanah yang Kamu miliki asli atau palsu. Untuk mengetahui hal itu Kamu gak perlu repot-repot datang ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) guys. Secara gitu sekarang eranya android yang berbagai hal besar bisa Kamu lakukan hanya dengan melalui aplikasi di android Kamu. BPN juga menyediakan aplikasi BPN online dengan nama sentuh ATRBPN.

Kamu bisa melaukan banyak hal dengan bermodal aplikasi online dari BPN tersebut. Kamu bisa cek keaslian sertifikat tanah Kamu, mengecek pembuatan balik nama sertifikat, serta bisa mengakses informasi menganai biaya untuk mengurus sertifikat tanah Kamu. aplikasi BPN online sengaja dibikin dengan tujuan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses informasi terkait sertifikat tanah mereka. Misal saja saat Kamu ingin cek keaslian sertifikat tanah Kamu, Kamu bisa langsung klik menu “info sertifikat” di aplikasi BPN online; kemudian Kamu bubuhkan nomor hak; nomor sertifikat; lalu nomor surat ukur. Beberapa detik setelah itu Kamu pun bisa langsung tahu mengenai status sertifikat Kamu apakah asli atau palsu. Itu Cara Cek dan Melihat Nomor Sertifikat Tanah untuk memastikan asli atau palsu.

Aplikasi BPN online juga menyajikan menu “informasi berkas”. Menu ini dapat Kamu manfaatkan untuk mengetahui informasi berkas via online yang didaftarkan di seluruh kantor pertanian di Indonesia yang terdaftar secara online. Cara mengecek berkas sertifikat Kamu di aplikasi BPN online ini cukup simpel, langsung saja Kamu klik menu “info berkas. Apabila Kamu sudah berhasil nasuh Kmau diharuskan untuk mengisi kantor pertanahan tempat Kamu dulu membuat sertifikat tanah, nomor berkas, tahun berkas, beserta PIN. Itu adalah Cara Cek berkas sertifikat tanah Kamu.

Aplikasi BPN online bisa juga Kamu gunakan untuk melihat biaya balik nama sertifikat tanah, bikin sertifikat tanah, hibah, mengganti sertifikat tanah disebabkan rusak, merubah sertifikat HGB menjadi SHM, dan lain sebagainya. Menariknya lagi Kamu bisa mengetahui status sertifikat tanah tempat tinggal kamu. Untuk itu Kamu bisa mengunjungi langsung situs peta.bpn.go.id. Lewat situs tersebut Kamu bisa langsung mengetahui peta area rumah Kamu dengan super lengkap beserta berbagai informasi mengenai tanah Kamu yang tercatat di BPN. Berbagai informasi tersebut ditampilkan dalam bentuk peta yang begitu detail meliputi hak milik, hak guna usaha, hak guna bangunan, hak pengelolaan, hak wakaf sampai tanah adat. Gimana nih guys udah ada gambaran kan mengenai Cara Cek dan Melihat Nomor Sertifikat Tanah ini?

Baca juga: Cara Cek Kartu Indonesia Sehat (KIS) / BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak

Cara Cek dan Melihat Nomor Sertifikat Tanah

Berikut ini adalah pedoman baku nomor sertifikat tanah. Nomor sertifikat tanah sama saja dengan nomor buku tanah, di dalamnya terdiri atas 14 digit angka. Untuk memudahkan kita ambil contoh saja nomor dari sebuah sertifikat tanah 10.15.22.05.1.02324. Nomor tersebut memiliki arti sebagai berikut.

  • Dua digit pertama (10) merupakan nomor kode provinsi, dalam hal ini adalah provinsi Jawa Barat.
  • Dua digit berikutnya (15) merupakan nomor kode Kabupaten/ Kota, dalam contoh di sisni 15 adalah kode dari Kota Bandung.
  • Dua digit ketiga (22) merupakan nomor kode dari kecamatan, dalam hal ini kode 22 merupakan kode Kecamatan Ujung Berung.
  • Dua digit keempat (05) merupakan nomor kode dari kelurahan atau desa, dalam hal ini kode 05 adalah kode untuk Kelurahan Pasanggrahan.
  • Satu digit kemudian yaitu angka (1) merupakan nomor kode atau semacam nama untuk hak milik.
  • Adapaun lima digit terakhir yaitu (02324) merupakan kode dari hak milik.
  • Nomor sertifikat tanah biasanya tertera pada bagian bawah dari lembar sertifikat.
  • Nomor sertifikat tanah tersebut tentu saja dibikin bukan tanpa sistem. Nomor tersebut diberikan sesuai dengan urutan.

Cara Cek dan Melihat Nomor Sertifikat Tanah

Selain melalui aplikasi online BPN, pengecekan sertifikat tanah juga bisa dilakukan oleh pemilik atau dikuasakan kepada pejabat yang membuat akta tanah. Berikut ini adalah persyaratan dalam pengecekan sertifikat tanah.

  • Sertifikat tanah yang asli.
  • Surat tugas atau bisa juga surat kuasa pengecekan dari PPAT kepada pegawainya. Hal ini karena beberapa kantor pertanahan mewajibkan yang mengajukan pemrmohonan pengecekan sertifikat tanah dari PPAT sendiri.
  • Permohonan pengecekan sertifikat tanah. Kamu tenag saja form permohonan yersebut sudah tersedia di kantor pertanahan kok guys.
  • Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik yang punya sertifikat tanah. Walaupun beberapa kantor pertanahan tidak mengharuskan si pemilik sertifikat tanah melampirkan foto copy ktp.
  • Pengecekan sertifikat tanah ini hanya memerlukan wajtu 1×24 jam kok guys, bahkan beberapa kantor pertanahan bisa menyelesaikannya dalam beberapa jam saja sehingga bisa Kamu tunggu.

Baca juga: Cara Cek No KK Online Berdasarkan Nama

Demikianlah Cara Cek dan Melihat Nomor Sertifikat Tanah guys. Jadi sekarang Kamu paham dong ya deretan 14 digit angka yang terdapat pada bagian bawah sertifikat tanah Kamu. Kamu juga tahu sekarang gimana caranya cek sertifikat tanah Kamu asli atau palsu tak perlu datang ke Badan Pertanahan Nasional. Dan pastinya Kamu juga paham apa yang harus dilakukan saat mau melakukan pengecekan sertifikat tanah Kamu.

Leave a Reply